20.59

kesenangan dalam kesederhanaan

Pagi ini,tatkala mentari masih malu malu disudut bumi, kutemukan sepucuk tunas sanseviera jenis ficheri menyeruak dari balik media semai seolah menyapaku dgn senyum yg termanis. Haaa, aq berteriak dengan sumringah.Berhasil jg, setelah memakan waktu selama kira2 3 bulan, setelah aku memotong daun sanse tsb dan menanam daun ke media semai.Akhirnya tunas anakan sanse tsb muncul jua. Ah senangnya.
Ini bukan pertama kalinya aku memperbanyak tanaman sansevieria, namun tetap saja kehadiran tunas tunas baru membawa kesenangan yg tak terkira. Tanaman jenis sansevieria merupakan tanaman yg pertumbuhannya tergolong lambat, apalagi yg daunnya tebal. Bentuk tanaman yang unik.serta warnanya yg cantik membuat tanaman ini dicintai banyak penghobi.Selain itu, perawatan sanseviera juga cukup mudah, praktis dan tdk byk memakan waktu, hinha dari hari kehari makin banyak yg tertarik dgn tanaman sukulen ini..
Selain fungsi estetisnya sebagai tanaman hias, sansevieria jg merupakan tanaman yg punya beragam manfaat. Tanaman ini bisa digunakan sebagai bahan baku tekstil dan obat2an. Lebih dari itu sansevieria juga dipercaya sbg tanaman pembawa keberuntungan. Ah masa sih?? Memang tdk ada penjelasan ilmiahnya, tetapi banyak ko orang yg percaya sehingga tanaman ini dijuluki ‘good luck plants’
sansevieria memiliki perakaran yg kuat, diper2ya melambangkan kekuatan pemiliknya. Kemampuan untuk tumbuh dalam segala kondisi dipercaya sbg lambang kesuburan dan rezeki. Menurut feng shui, tanaman ini memberi energi positif pada pemilik tanaman, mendatangkan banyak rezeki dan menolak pengaruh negatif spt penyakit dan nasib buruk.
Hal yg membuat sansevieria lebih istimewa adalah kemampuannya dalam menyerap polutan.Terbukti sansevieria mampu menyerap 107 jenis polutan diudara (penelitian dilakukan oleh NASA, National Aeronautics and Space Administration selama 25 tahun).
Ah..Pagi yg menyenangkan bukan dgn tanaman pembawa keberuntungan skaligus penyerap polutan, eh bs untuk penyegar ruangan alami loch. Taruh tanaman ini diruangan, bau2 aneh akan lenyap. Silahkan dicoba ya. Ga perlu jenis yg mahal, jenis laurenti (seperti pedang) dgn harga relatif terjangkau ternyata paling ampuh untuk menyerap bau dlm ruangan. Selamat menanam.

0 komentar: